Friday 4 July 2014

Contoh Soal-Soal Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)

7 SOAL MSDM Lanjutan :









1. Jelaskan dan beri contoh, faktor-faktor yang mempengaruhi penilaian kinerja!
a.      Lingkungan Eksternal Organisasi
Lingkungan sekitar organisasi dari hari ke hari akan terus menempatkan tuntutan-tuntutan terhadap organisasi dan pegawainya untuk meningkatkan produktivitas kerjanya. Lingkungan akan semakin kompetitif dalam berbagai bidang, karena berbagai perubahan yang demikian pesatnya, sehingga adanya kinerja organisasi yang memiliki tingkat keunggulan kompetitif (competitive advantage) dan keunggulan komparatif (comparative advantage) akan menjadi suatu hal yang sangat penting.
Tuntutan juga akan datang dari masyarakat. Contoh : mereka yang mempunyai anggapan bahwa rakyatlah yang menggaji PNS sudah sewajarnya untuk mendapatkan pelayanan yang prima dari PNS atas semua urusan dan kepentingannya. Oleh karena itulah maka penilaian atas prestasi kerja pegawai harus dilaksanakan secara teratur, dan akurat.
b.     Lingkungan Internal Organisasi
Karakteristik masing-masing organisasi itu sendiri juga akan mempengaruhi penilaian kinerja pegawai. Dalam struktur organisasi tersebut akan menentukan siapa yang akan bertanggung jawab untuk menilai. Dalam struktur organisasi yang menghargai rantai komando, sebagaimana dalam organisasi pemerintah, maka yang menjadi atasan langsung pegawailah yang akan menilai. Contoh : penilaian kinerja seorang leader dapat di nilai kinerja nya berdasarkan para anggota karyawan yang dipimpinnya    




2.     Dari artikel :
a.      Beri tanggapan Anda!
Tanggapan mengenai Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 13/52/PBI/2011 yang mengatur prinsip kehati-hatian bagi bank umum yang melakukan penyerahan sebagian pelaksanaan pekerjaan kepada pihak lain atau alih daya (pihak ketiga).
Menurut saya keputusan tersebut terlalu terburu-buru dan terkesan sepihak, karena sekali lagi disini bukan hanya masalah pekerja outsourchingnya saja, tidak menutup kemungkinan sebagian besar dari  pekerja outsourching tersebut di dalam keluarganya merekalah yang menjadi tulang punggung. Sehingga dengan adanya keputusan tersebut bukan hanya akan menambah angka pengangguran di Indonesia, tetapi juga menambah tingkat angka kemiskinan di Indonesia yang juga pastinya akan memperburuk situasi perekonomian negara.
b.     Bagaimana Solusinya?
Menurut saya, apabila tujuan dari keputusan tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu dan keamanan perbankan, bukankah lebih baik mengadakan semacam training untuk meningkatkan mutu pelayanan dan mengadakan perjanjian terikat yang berisi sanksi jika terjadi penyalahgunaan wewenang dan reward ataupun promosi bagi pekerja berprestasi. Saya rasa dengan cara itu akan bisa menambah motivasi bekerja pekerja yang pada akhirnya juga pasti dapat meningkat kualitas.

Baca Selengkapnya disini



Baca juga artikel-artikel ini :

Contoh Surat Pernyataan
Contoh Kebijakan Moneter dan Kebijakan Fiskal Di Indonesia
Makalah Promosi Sebagai Komunikasi Perusahaan (philip kotler)
Makalah Tentang Puisi Dan Pantun
Contoh Surat Kuasa
Laporan Resmi Praktikum BiologiI Molekuler (Analisis Domain Fungsional)

0 komentar:

Post a Comment