(KOMUNIKASI PERUSAHAAN)
Disusun guna memenuhi tugas mata perkuliah
Manajemen Pemasaran S1 manajemen dengan dosen pengampu Bapak Totok Wibisono
SE, MM.
Muhammad Rizal Zain
(B 131 12 0306)
FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SEMARANG
SEMARANG
2014
BAB I
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Promosi
Beberapa
pengertian dari promosi (komunikasi perusahaan) diantaranya sebagai berikut
1.
Menurut
Philip Kotler Menurut Philip Kotler (2002:431),“Promotion are the various
activities that the company undertakes to communicate its product merit and to
persuade target consumer to buy them”. Yang dapat diartikan dengan, promosi
adalah berbagai macam kegiatan akan dikendalikan oleh perusahaan untuk
mengkomunikasikan keunggulan suatu produk dan membujuk konsumen untuk membelinya.
Berdasarkan definisi promosi dari Phillip Kotler tersebut, jelas bahwa dalam
kegiatan komunikasi pemasaran dimana sebuah perusahaan dalam mengkomunikasikan
pesan mengenai suatu produk dan jasa yang ditawarkan memerlukan kegiatan promosi.
Hal tersebut telah menggambarkan bahwa kegiatan utama dalam komunikasi
pemasaran adalah promosi.
2.
Adapun definisi promosi menurut William
J. Stanton (2001 : 410) : “Promosi adalah unsur dari bauran pemasaran suatu
organisasi yang bertujuan memberitahukan, membujuk dan mengingatkan pasar dari
organisasi/produk”.
3. Sedangkan
menurut Basu Swasta (2002 : 237) :
“Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk
mengarahkan sesorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan
pertukaran dalam pemasaran”
Promosi merupakan salah
satu variabel marketing mix yang digunakan oleh
perusahaan untuk megadakan komunikasi dengan pasarnya. Betapapun bagusnya suatu
produk/jasa yang akan ditawarkan kepada konsumen, bila konsumen tersebut belum
pernah mendengar ataupun merasakan dari produk/jasa tersebut, sehingga mereka
tidak akan yakin akan bermanfaat atau tidaknya produk atau jasa tersebut, maka
mereka tiadak akan membelinya. Promosi pada hakekatnya adalah semua kegiatan
yang dimaksudkan untuk menyampaikan/ mengkomunikasikan suatu produk/jasa kepada
pasar sasaran, untuk memberi informasi tentang keistimewaan, kegunaan, dan yang
paling penting adalah tentang keberadaannya, sehingga akan mengubah sikap
ataupun untuk mendorong orang/konsumen bertindak (dalam hal ini membeli).
Sedangkan Bauran Promosi merupakan salah satu strategi pemasaran yang efektif
dari bauran pemasaran. Untuk memasarkan suatu produk seorang pemasar harus
mengembangkan program komunikasi yang efektif yang
ditujukan kepada konsumen untuk mengkomunikasikan informasi yang ada dan di
rancang untuk menghasilkan tindakan konsumen yang mengarah kepada keuntungan
perusahaan.
Dari
beberapa definisi yang sudah dikemukakan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa
kegiatan promosi adalah bentuk-bentuk komunikasi yang digunakan perusahaan
untuk memberikan informasi tentang adanya suatu produk beserta kelebihannya
atau manfaatnya. Kemudian membujuk, mempengaruhi, dan meyakinkan konsumen agar
mau membeli dan menggunakan produk tersebut serta mengingatkan pelanggan
sasaran tentang produk atau jasa yang ditawarkan sehingga akan meningkatkan
volume penjualan barang/jasa.
B.
Tujuan
Ada 3 (tiga) tujuan dari promosi
yang dilakukan perusahaan menurut Marwan Asri (2003 : 360) :
1.
Informing,
yaitu memberitahukan informasi selengkap-lengkapnya kepada calon pembeli
tentang barang yang ditawarkan, siapa penjualnya, siapa pembuatnya, dimana
memperolehnya, harganya dan sebagainya. Informasi yang digunakan dapat
diberikan melalui tulisan, gambar, kata-kata dan sebagainya, yang disesuaikan
dengan keadaan.
2.
Persuading
yaitu membujuk calon konsumen agar mau membeli barang atau jasa yang
ditawarkan. Perlu ditekankan di sini bahwasannya membujuk bukan berarti memaksa
calon konsumen sehingga keputusan yang diambil mungkin justru keputusan yang
negatif.
Download selengkapnya disini
Baca juga artikel-artikel ini :
Contoh Soal-Soal Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)
Contoh Surat Pernyataan
Contoh Kebijakan Moneter dan Kebijakan Fiskal Di Indonesia
Makalah Tentang Puisi Dan Pantun
Contoh Surat Kuasa
Laporan Resmi Praktikum BiologiI Molekuler (Analisis Domain Fungsional)
0 komentar:
Post a Comment